Close Menu
prapanca.idprapanca.id
    Facebook X (Twitter) Instagram
    prapanca.idprapanca.id
    Facebook X (Twitter) Instagram
    • Beranda
    • News
      1. Budaya
      2. Ekonomi Bisnis
      3. Politik
      4. Gaya Hidup
      5. Hiburan
      6. Tips
      7. View All

      Peringatan Tiga Tahun Gamelan Diakui Unesco

      18 Desember 2024

      The Secret of Archipelago, Pameran Karya Seni Lukis Kontemporer dan Artefak Usia Ratusan Tahun

      26 September 2024

      Tari Remo Rasa Zorro, Besutan Edgar Freire dari Ekuador

      21 September 2024

      Festival Budaya Panji Akan Digelar Secara Nasional di Jakarta

      10 September 2024

      Pertamina Hulu Mahakam Mulai Pengeboran Strategis 2025 dengan Tajak Sumur di Platform Bekapai

      29 April 2025

      WSBP Selesaikan Suplai Readymix untuk Rekonstruksi Jembatan Palu IV

      24 Maret 2025

      Tingkat Literasi Ekonomi Syariah di Indonesia Masih Rendah, OJK Targetkan 200 Ribu Investor Saham Syariah pada 2025

      15 Maret 2025

      RS Sheila Medika Utamakan Kenyamanan Pasien dengan Layanan Prima dan Terjangkau

      7 Januari 2025

      Presiden Prabowo Subianto Umumkan Kabinet Merah Putih untuk Periode 2024-2029

      21 Oktober 2024

      Pimpinan DPRD Kota Surabaya 2024-2029 Resmi Ditetapkan dalam Rapat Paripurna

      9 Oktober 2024

      KPU Surabaya Tetapkan 2,2 Juta Pemilih, Targetkan Partisipasi 75 Persen di Pilkada 2024

      3 Oktober 2024

      Pangdam V/Brawijaya Ajak Semua Pihak Jaga Ketertiban Jelang Pemilukada Serentak di Jatim

      25 September 2024

      Mengenal Gangguan Jantung, Ini Cara Sederhana untuk Menghindari

      21 November 2024

      Tersembunyi Namun Memikat, Ini Tiga Rekomendasi Kafe Hidden Gems di Surabaya Timur

      29 Mei 2024

      Merk Sepatu Lokal yang Mendunia, Mana yang Kamu Punya

      24 Mei 2024

      Faktor Keamanan Jadi Perhatian Bagi “Women Solo Traveler” di Indonesia

      15 Maret 2024

      Jin BTS Bakal Gandeng Tom Cruise dalam Acara YouTube Run Jin

      13 Mei 2025

      Cuek di Dekat Mingyu SEVENTEEN, Shenina Cinnamon Langsung Trending di Twitter

      15 Maret 2024

      Akhirnya Kartolo dan Ning Tini Main Film Komedi Suroboyo-an

      16 Februari 2024

      Musik K-Pop yang Masih Mengakar Kuat di Indonesia

      23 Januari 2024

      Tips Memotret di Kawasan Bersejarah, Mengabadikan Keindahan Masa Lalu

      30 Maret 2024

      Anak Kost Wajib Baca, Ini Hal Penting yang Harus Dilakukan Sebelum Mudik Lebaran

      26 Maret 2024

      Mengenal Hak Cipta dan Syarat Penggunaan Foto dari Internet, Waspadai Detail Aturannya

      21 Februari 2024

      Memperkuat Entrepreneurship, Ini Panduan untuk Memulai Usaha Sendiri

      18 Februari 2024

      Operasi Pekat II Semeru 2025, Polda Jatim Ungkap 1.198 Kasus Premanisme dalam 10 Hari

      13 Mei 2025

      Kota Medan Resmi Jadi Tuan Rumah Rakernas APEKSI 2026

      13 Mei 2025

      Menteri Pariwisata Sampaikan Duka dan Seruan Evaluasi Usai Kecelakaan Kapal Wisata di Bengkulu

      13 Mei 2025

      BRI Perkuat Pendidikan Digital di Daerah 3T Lewat Bantuan Teknologi untuk SMP di Lombok Utara

      13 Mei 2025
    • Olahraga
    • Opini
    • Tentang Kami
      • Video Edukasi
      • Alumni
      • Kontak
    • E-Learning
    • Network
      • Indonesia Images
      • CafeKomputer
      • Eastjava Traveler
    • Arsip
    prapanca.idprapanca.id
    Materi Belajar

    Tren Digital Marketing: Dari Kecerdasan Buatan, Pencarian Suara, Hingga Personalisasi

    Sasetya Wilutama30 Juni 2024
    (ilustrasi: prapanca.id)
    (ilustrasi: prapanca.id)

    Surabaya (prapanca.id) – Dunia pemasaran semakin mengarah ke digital. Menurut publikasi bisnis CMO, pada tahun 2022 digital marketing akan menguasai 87 persen anggaran pemasaran perusahaan.

    Warga Amerika menghabiskan banyak waktu di platform digital, termasuk rata-rata dua jam per hari di media sosial, menurut Entrepreneur.

    Tren ini diperkirakan tidak akan melambat dalam waktu dekat. Ponsel pintar, jam tangan pintar, billboard pintar, komputer, dan tablet semuanya menawarkan peluang bagi perusahaan untuk memasarkan produk dan layanan mereka secara digital.

    Profesional pemasaran harus membekali diri dengan keterampilan dan alat untuk memanfaatkan tren ini, memasarkan kepada konsumen di platform yang populer dan sedang naik daun.

    Ahli pemasaran yang berasal dari program gelar sarjana yang berpikiran maju, seperti Stikosa AWS, mampu menangkap momentum dari beberapa tren digital marketing yang sudah membuat perbedaan besar dalam bisnis: kecerdasan buatan, personalisasi, dan teknologi pencarian suara.

    Kecerdasan Buatan

    Komputer bisa belajar. Meskipun belum menjadi android cerdas seperti C-3PO di Star Wars, ahli komputer dapat merancang perangkat lunak yang memungkinkan sistem untuk belajar dari data, mengubah output mereka berdasarkan informasi yang diperoleh dari waktu ke waktu.

    Ilustrasi artificial intelligence (foto: Igor Omilaev | unsplash)
    Ilustrasi artificial intelligence (foto: Igor Omilaev | unsplash)

    Profesional pemasaran dapat memanfaatkan kemajuan teknologi ini untuk menargetkan dan melacak pelanggan produk atau layanan mereka dengan lebih efektif.

    Salah satu alat pemasaran yang memanfaatkan kecerdasan buatan (AI) adalah chatbot. Chatbot memungkinkan pelanggan yang mengunjungi situs atau menggunakan aplikasi untuk mempelajari lebih lanjut tentang perusahaan atau produk dan layanannya secara real-time.

    AI ini terus meningkat seiring interaksinya dengan lebih banyak orang sambil menjawab pertanyaan umum. Teknologi semacam ini dapat menghemat uang perusahaan dengan mengurangi kebutuhan staf dukungan pelanggan sambil meningkatkan kepuasan pelanggan, karena chatbot mampu memberikan respons yang cepat dan jelas.

    Contoh lain dari teknologi AI dalam pemasaran adalah iklan cerdas yang mempelajari apa yang cenderung dibeli atau dilihat pelanggan saat berada di situs tertentu dan menyesuaikan tampilan mereka sesuai.

    Misalnya, sebuah perusahaan penerbitan dapat menggunakan teknologi AI untuk melacak pelanggan yang melihat dan membeli buku tertentu di situsnya. AI kemudian dapat merekomendasikan produk serupa kepada pelanggan berdasarkan data pembelian sebelumnya. Strategi pemasaran AI ini memiliki potensi untuk meningkatkan penjualan sekunder dan tingkat retensi pelanggan.

    Personalisasi dalam Pemasaran

    Pemasaran di media massa berkaitan dengan mengiklankan produk atau layanan kepada sebanyak mungkin orang atau kepada banyak orang dalam demografi target tertentu. Namun, pemasaran digital memungkinkan perusahaan untuk memfokuskan iklan mereka dengan lebih tepat, menyesuaikannya dengan penonton individu.

    Iklan dapat menarik data seperti lokasi penonton, kunjungan situs web terbaru, atau bahkan riwayat kartu kredit. Hal ini memungkinkan pemasar untuk mempersonalisasi iklan.

    Personalisasi dibangun di atas akuisisi dan manajemen data. Perusahaan pemasaran dan periklanan mengumpulkan set data besar yang diperoleh melalui penjualan internal dan analitik atau dengan membeli informasi dari perusahaan pihak ketiga yang melacak dan merekam data semacam itu.

    Pemasar digital dapat memanfaatkan informasi ini untuk membuat alat pemasaran dengan pesan berbeda dan kemudian menggunakan sistem otomatis untuk mendistribusikan pesan tersebut ke pasar target. Ini menempatkan iklan spesifik dan menarik di depan orang-orang yang paling mungkin menunjukkan minat atau membeli sesuatu dari perusahaan.

    Teknologi Pencarian Suara

    Gagasan untuk berbicara dengan komputer terdengar seperti fiksi ilmiah beberapa dekade lalu, tetapi sekarang semakin umum berkat popularitas asisten digital.

    Ilustrasi mahasiswa Stikosa AWS (foto: Mamuk Ismuntoro | prapanca.id)
    Ilustrasi mahasiswa Stikosa AWS (foto: Mamuk Ismuntoro | prapanca.id)

    Seperti alat lainnya yang sedang tren dalam pemasaran digital, perangkat yang ada saat ini menyesuaikan jawaban mereka dengan pengguna tertentu dan riwayat pencarian mereka.

    Perusahaan dapat merancang hasil optimasi mesin pencari (SEO) mereka agar bisnis mereka muncul selama pencarian tertentu atau di area geografis tertentu, seperti ketika seseorang menggunakan perangkat pencarian suara di mobil untuk mencari restoran lokal.

    Kecerdasan buatan, personalisasi, dan pencarian suara hanyalah tiga kemajuan yang mengubah wajah pemasaran modern. Profesional pemasaran yang berfokus pada inovasi dapat memanfaatkan alat-alat ini untuk membuat kampanye iklan mereka lebih efektif, yang menghasilkan peningkatan keterlibatan pelanggan, kepuasan klien, dan pengembalian investasi yang signifikan. (sas)

    Baca berita lainnya di Google News atau langsung di halaman Arsip Prapanca.id

    artificial intelligence digital marketing
    Share. Facebook Twitter Pinterest LinkedIn Email WhatsApp

    Berita Lainnya

    Pemkot Surabaya Tingkatkan Kompetensi Guru dengan Pelatihan Anti Kekerasan, AI, dan Coding

    Apple Hentikan Fitur AI Notifikasi Berita Setelah Picu Kesalahan

    Evolusi Public Relations di Era 2020-an, Digitalisasi jadi Keharusan

    Google Discover Suplai Traffic ke Penerbit AS Lebih Besar, Media Sosial Masih Menurun

    Kode Etik Jurnalistik: Panduan Profesi dalam Dunia Kewartawanan

    Mengenal Glittering Generality, Ini Penjelasan dan Contohnya

    Leave A Reply Cancel Reply

    iklan
    13 Mei 2025

    Operasi Pekat II Semeru 2025, Polda Jatim Ungkap 1.198 Kasus Premanisme dalam 10 Hari

    13 Mei 2025

    Kota Medan Resmi Jadi Tuan Rumah Rakernas APEKSI 2026

    13 Mei 2025

    Cetak 39 Gol di Musim Debut, Mbappé Pecahkan Rekor Real Madrid

    13 Mei 2025

    Jin BTS Bakal Gandeng Tom Cruise dalam Acara YouTube Run Jin

    13 Mei 2025

    Menteri Pariwisata Sampaikan Duka dan Seruan Evaluasi Usai Kecelakaan Kapal Wisata di Bengkulu

    13 Mei 2025

    BRI Perkuat Pendidikan Digital di Daerah 3T Lewat Bantuan Teknologi untuk SMP di Lombok Utara

    29 April 2025

    Khofifah Raih Penghargaan Tokoh Ekonomi Regional Berkat Konsistensi Bangun Ekonomi Antar Daerah

    © 2025 prapanca.id | portal berita dan analisa komunikasi terkini

    Type above and press Enter to search. Press Esc to cancel.