Close Menu
prapanca.idprapanca.id
    Facebook X (Twitter) Instagram
    prapanca.idprapanca.id
    Facebook X (Twitter) Instagram
    • Beranda
    • News
      1. Budaya
      2. Ekonomi Bisnis
      3. Politik
      4. Gaya Hidup
      5. Hiburan
      6. Tips
      7. View All

      Tanzih yang Tulus dari Penyair Tawadu’

      1 Juni 2025

      Peringatan Tiga Tahun Gamelan Diakui Unesco

      18 Desember 2024

      The Secret of Archipelago, Pameran Karya Seni Lukis Kontemporer dan Artefak Usia Ratusan Tahun

      26 September 2024

      Tari Remo Rasa Zorro, Besutan Edgar Freire dari Ekuador

      21 September 2024

      Pertamina Hulu Mahakam Mulai Pengeboran Strategis 2025 dengan Tajak Sumur di Platform Bekapai

      29 April 2025

      WSBP Selesaikan Suplai Readymix untuk Rekonstruksi Jembatan Palu IV

      24 Maret 2025

      Tingkat Literasi Ekonomi Syariah di Indonesia Masih Rendah, OJK Targetkan 200 Ribu Investor Saham Syariah pada 2025

      15 Maret 2025

      RS Sheila Medika Utamakan Kenyamanan Pasien dengan Layanan Prima dan Terjangkau

      7 Januari 2025

      Presiden Prabowo Subianto Umumkan Kabinet Merah Putih untuk Periode 2024-2029

      21 Oktober 2024

      Pimpinan DPRD Kota Surabaya 2024-2029 Resmi Ditetapkan dalam Rapat Paripurna

      9 Oktober 2024

      KPU Surabaya Tetapkan 2,2 Juta Pemilih, Targetkan Partisipasi 75 Persen di Pilkada 2024

      3 Oktober 2024

      Pangdam V/Brawijaya Ajak Semua Pihak Jaga Ketertiban Jelang Pemilukada Serentak di Jatim

      25 September 2024

      Huawei Watch Fit 4 Series: Jam Pintar dengan Desain Tipis, Fitur Pro untuk Pecinta Olahraga

      16 Mei 2025

      Mengenal Gangguan Jantung, Ini Cara Sederhana untuk Menghindari

      21 November 2024

      Tersembunyi Namun Memikat, Ini Tiga Rekomendasi Kafe Hidden Gems di Surabaya Timur

      29 Mei 2024

      Merk Sepatu Lokal yang Mendunia, Mana yang Kamu Punya

      24 Mei 2024

      Jin BTS Bakal Gandeng Tom Cruise dalam Acara YouTube Run Jin

      13 Mei 2025

      Cuek di Dekat Mingyu SEVENTEEN, Shenina Cinnamon Langsung Trending di Twitter

      15 Maret 2024

      Akhirnya Kartolo dan Ning Tini Main Film Komedi Suroboyo-an

      16 Februari 2024

      Musik K-Pop yang Masih Mengakar Kuat di Indonesia

      23 Januari 2024

      Tips Memotret di Kawasan Bersejarah, Mengabadikan Keindahan Masa Lalu

      30 Maret 2024

      Anak Kost Wajib Baca, Ini Hal Penting yang Harus Dilakukan Sebelum Mudik Lebaran

      26 Maret 2024

      Mengenal Hak Cipta dan Syarat Penggunaan Foto dari Internet, Waspadai Detail Aturannya

      21 Februari 2024

      Memperkuat Entrepreneurship, Ini Panduan untuk Memulai Usaha Sendiri

      18 Februari 2024

      Pemerintah Tegaskan Komitmen Dukung Industri Media dan PIP di Era Disrupsi Digital

      15 Juni 2025

      Pertamina Luncurkan Tampilan Baru Website Resmi: Lebih Cerah, Informatif, dan Ramah Pengguna

      15 Juni 2025

      Polda Papua Barat Jalin Sinergi dengan TVRI, Perkuat Informasi Positif dan Edukatif ke Publik

      14 Juni 2025

      Tingkatkan Keselamatan, KAI Divre IV Tanjungkarang Tutup 19 Perlintasan Liar

      14 Juni 2025
    • Olahraga
    • Opini
    • Tentang Kami
      • Video Edukasi
      • Alumni
      • Kontak
    • E-Learning
    • Network
      • Indonesia Images
      • CafeKomputer
      • Eastjava Traveler
    • Arsip
    prapanca.idprapanca.id
    News

    Pakar Komunikasi Stikosa AWS: Dalam Industri Wisata, Penguatan Citra Bukan Segalanya

    Sasetya Wilutama24 Februari 2024
    Pakar Komunikasi Stikosa AWS: Dalam Industri Wisata, Penguatan Citra Bukan Segalanya
    Wisatawan di Mandalika (foto: Arya Krisdyantara | unsplash)

    Surabaya (prapanca.id) – Public relations memiliki peran penting dalam industri pariwisata, terlebih di masa sekarang. Menurut Ratna Puspita Sari, pemerhati dunia pariwisata dari Stikosa AWS, public relations tak hanya berperan besar dalam penguatan citra positif, tetapi harus mampu meyakinkan aspek kemanan, kenyamanan, hingga kemungkinan terbukanya investasi jangka pendek dan panjang bagi pengusaha.

    “PR memainkan peran penting dalam industri pariwisata, terutama di masa pemulihan pasca pandemi,” ungkap Pipit, panggilan akrab dosen Stikosa AWS ini, saat ditemui pada Sabtu (24/2/2024).

    Pandemi, katanya, telah menyebabkan penurunan drastis dalam industri pariwisata. PR dapat membantu membangun kembali kepercayaan wisatawan dengan menyebarkan informasi yang akurat tentang protokol kesehatan, situasi terkini di destinasi wisata, dan langkah-langkah yang diambil untuk memastikan keamanan wisatawan.

    Apalagi pemerintah terbilang serius untuk mendukung proses pemulihan dan penguatan industri wisata. Misal, kata Pipit, saat event internasional Moto GP Mandalika digelar. Langkah berani itu tidak hanya memulihkan, tapi juga menguatkan. Jumlah wisatawan lokal dan manca di 2022-2023 terbukti nanjak, kepercayaan dunia kembali tercipta.

    “PR dapat membantu mempromosikan destinasi wisata baru dan lama melalui berbagai saluran media, seperti media sosial, influencer marketing, dan press release. Hal ini dapat menarik wisatawan dan meningkatkan minat mereka untuk mengunjungi suatu destinasi,” jelas dosen public relations di Stikosa AWS ini.

    Selain itu, lanjutnya, PR dapat membantu mengelola krisis yang dapat memengaruhi industri pariwisata, seperti bencana alam, kerusuhan politik, atau wabah penyakit. PR dapat membantu menyebarkan informasi yang akurat dan tepat waktu, serta meredakan ketakutan dan kecemasan wisatawan.

    “PR dapat membantu membangun reputasi positif bagi industri pariwisata dengan menunjukkan komitmen terhadap keberlanjutan, tanggung jawab sosial, dan pelestarian budaya. Hal ini dapat menarik wisatawan yang peduli dengan nilai-nilai tersebut,” kata Pipit lagi.

    Situasi sekarang, tambahnya, menghadirkan peluang dan tantangan bagi industri pariwisata. Di satu sisi, ada antusiasme yang tinggi untuk bepergian setelah pembatasan dilonggarkan. Di sisi lain, masih ada kekhawatiran tentang aspek kesehatan dan keselamatan.

    Ratna Puspita Sari, pemerhati dunia pariwisata dan public relations dari Stikosa AWS
    Ratna Puspita Sari, pemerhati dunia pariwisata dan public relations dari Stikosa AWS

    “PR dapat membantu industri pariwisata memanfaatkan peluang dan mengatasi tantangan ini. Misal, dengan menyebarkan informasi tentang protokol kesehatan dan langkah-langkah keamanan. Atau mempromosikan destinasi wisata yang aman dan ramah wisatawan,” terangnya.

    Dengan logika sederhana, kata Pipit, PR memainkan peran penting dalam industri pariwisata, terutama di situasi sekarang. PR dapat membantu membangun kembali kepercayaan wisatawan, mempromosikan destinasi wisata, mengelola krisis, dan membangun reputasi positif.

    PR dan Citra Positif

    PR memang memainkan peran penting dalam industri pariwisata. Masalahnya, PR kadang terlalu asik dengan citra. Sehingga sisi kepariwisataan yang harusnya perlu dibenahi tak muncul dalam proses komunikasi. Akibatnya banyak pengunjung yang datang kemudian kecewa.

    “Untuk mengatasi potensi kekecewaan ini, PR bisa melakukan kolaborasi dengan berbagai pihak di industri pariwisata, seperti pemerintah, operator tur, dan hotel, untuk mendapatkan informasi yang akurat tentang situasi di lapangan,” tegasnya.

    Selanjutnya, PR harus transparan dalam komunikasinya dan tidak hanya fokus pada citra positif. Hal ini dapat dilakukan dengan menyampaikan informasi yang objektif dan seimbang tentang destinasi wisata, termasuk kekurangannya.

    “PR harus mempromosikan pariwisata yang berkelanjutan dan bertanggung jawab. Hal ini dapat dilakukan dengan highlighting destinasi wisata yang ramah lingkungan dan mendukung komunitas lokal. Saya pikir ini salah satu hal yang sangat penting,” kata Pipit.

    Di sisi lain, PR juga terus dapat membantu mengedukasi wisatawan tentang budaya dan adat istiadat setempat. Hal ini dapat membantu wisatawan untuk berperilaku dengan sopan dan menghormati budaya lokal.

    Bagaimana dengan efektivitas? “PR harus mengukur efektivitas programnya dan melakukan penyesuaian jika diperlukan. Hal ini dapat dilakukan dengan memantau umpan balik wisatawan dan menganalisis data media sosial. Dengan menerapkan solusi-solusi ini, PR dapat membantu industri pariwisata untuk memberikan pengalaman yang lebih baik bagi wisatawan dan membangun reputasi yang positif,” jelasnya. (sas)

    Baca berita lainnya di Google News atau langsung di halaman Arsip Prapanca.id

    industri wisata Mandalika Public Relations Ratna Puspita Sari
    Share. Facebook Twitter Pinterest LinkedIn Email WhatsApp

    Berita Lainnya

    Pemerintah Tegaskan Komitmen Dukung Industri Media dan PIP di Era Disrupsi Digital

    Pertamina Luncurkan Tampilan Baru Website Resmi: Lebih Cerah, Informatif, dan Ramah Pengguna

    Polda Papua Barat Jalin Sinergi dengan TVRI, Perkuat Informasi Positif dan Edukatif ke Publik

    Tingkatkan Keselamatan, KAI Divre IV Tanjungkarang Tutup 19 Perlintasan Liar

    Surabaya Sukses Turunkan Stunting hingga 1,6 Persen: Aplikasi Sayang Warga dan Kader Jadi Kunci

    Polri Bongkar Sindikat Penyelewengan Elpiji Subsidi di Sidoarjo, 8 Tersangka Ditangkap

    Leave A Reply Cancel Reply

    iklan
    15 Juni 2025

    Pemerintah Tegaskan Komitmen Dukung Industri Media dan PIP di Era Disrupsi Digital

    15 Juni 2025

    Pertamina Luncurkan Tampilan Baru Website Resmi: Lebih Cerah, Informatif, dan Ramah Pengguna

    14 Juni 2025

    Polda Papua Barat Jalin Sinergi dengan TVRI, Perkuat Informasi Positif dan Edukatif ke Publik

    14 Juni 2025

    Tingkatkan Keselamatan, KAI Divre IV Tanjungkarang Tutup 19 Perlintasan Liar

    11 Juni 2025

    Surabaya Sukses Turunkan Stunting hingga 1,6 Persen: Aplikasi Sayang Warga dan Kader Jadi Kunci

    11 Juni 2025

    Polri Bongkar Sindikat Penyelewengan Elpiji Subsidi di Sidoarjo, 8 Tersangka Ditangkap

    10 Juni 2025

    Mandiri Ciputra Golfpreneur Junior World Championship 2025 Resmi Dibuka

    © 2025 prapanca.id | portal berita dan analisa komunikasi terkini

    Type above and press Enter to search. Press Esc to cancel.